RSUD Porsea Raih Paripurna Bintang Lima

 Administrator  18-01-2023 14:45
17 kali dilihat

RSUD Porsea Raih Paripurna Bintang Lima

 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Porsea, dr Tommy Siahaan dijumpai di ruang kerjanya, Senin (16/01/2023).(foto:desi)

TOBA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea raih prestasi Paripurna Bintang Lima dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM KPRS) atas akreditasi mutu pelayanan yang diberikan bagi masyarakat.

“Di tanggal 5 sampai 6 Desember 2022 itu kami melaksanakan penilaian akreditasi. Akreditasi ini tujuannya untuk melihat mutu pelayanan di Rumah Sakit sesuai standarisasinya.

Hasil dari telusur itu kami mendapatkan nilai paripurna di tanggal 27 Desember dari tim LAM KPRS,” sebut dr Tommy Siahaan Direktur RSUD Porsea dijumpai di ruang kerjanya, Senin (16/01/2023).

Sebelumnya, RSUD Porsea telah menerima akreditasi tingkat perdana pada tahun 2021 oleh tim akreditasi rumah sakit.

 “Tahun 2021 kami memang sudah dinilai oleh tim akreditasi namun masih di posisi Perdana atau bintang satu, untuk tahun ini bintang lima atau Paripurna. Kalau bintang satu itu ada 4 Pokja yang dinilai, untuk meraih bintang lima harus 15 Pokja yang dinilai sesuai dengan SOP semua,” terangnya.

Namun demikian dengan meraih prestasi paripurna, reakreditasi akan tetap dilakukan guna melihat apakah mutu pelayanan mengalami peningkatan baik atau tidak.

“Tim LAM KPRS itu nanti akan datang kembali untuk melakukan re akreditasi. Meraih bintang lima ini kan salah satu prestasi rumah sakit dilihat dari mutu pelayanan nya jadi ini harus dipertahankan sehingga masyarakat puas saat datang berkunjung atau berobat ke rumah sakit ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Tommy menyebutkan dua layanan baru yakni X-Ray Dental Panoramic dan Teknik Laparoskopi, guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

BERSPONSOR

“Tahun ini kami sudah memiliki X-Ray Dental Panoramic. Itu untuk kebutuhan dokter gigi. Rontgen gigi untuk diagnosa gigi dan tahun ini beroperasi. Kemudian tahun ini kami membuka layanan baru seperti tindakan bedah dengan teknik Laparoskopi.

Kami sudah punya alat dan kami sudah jalankan itu operasinya. Tujuan teknik Laparoskopi ini supaya pasien tidak mengeluarkan pendarahan. Teknik yang tidak membuka sayatan lebih lebar. Jadi tidak membelah perut langsung titik dia,” terangnya.

Kedua layanan baru yang disediakan oleh RSUD Porsea ini menjadi satu-satunya di kawasan Tapanuli.

“Untuk kawasan Tapanuli ini bisa dirujuk kemari nanti karena baru kita yang memiliki,” pungkas Tommy.

Penulis  : Desi
Editor    : Mahadi Sitanggang

sumber : https://www.ninna.id/rsud-porsea-raih-paripurna-bintang-lima/